Musyawarah Nasional IV Asosiasi Usaha Jasa Pertambangan Indonesia (ASPINDO)

May 3,2018 Admin

JAKARTA (03/05) Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara memberikan sambutannya pada acara Musyawarah Nasional IV Asosiasi Usaha Jasa Pertambangan Indonesia (ASPINDO) dengan tema "Meningkatkan Peran Usaha Jasa Pertambangan dalam Mewujudkan Ketahanan Energi".

"Pemerintah sedang giat-giatnya memenuhi kebutuhan energi baik dr energi fosil maupun EBT" Bambang Gatot Ariyono, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara.

Bambang mengatakan kalau pengembangan EBT maju, ini artinya tantangan buat sektor minerba agar terus berinovasi dalam meningkatkan nilai tambahnya. Ia mengungkapkan pengalamannya saat berkunjung ke China bahwa China mampu mengubah batubara menjadi bermacam manfaat.

Ia mengapresiasi kinerja Jasa Pertambangan dan berharap perusahaan jasa pertambangan juga bisa memberikan solusi terutama aspek konservasi sumber daya dan cadangan.

"Pemerintah siap menjadi partner diskusi dengan ASPINDO dalam merumuskan kebijakan-kebijakan di bidang pertambangan yang saling menguntungkan" tutupnya

Pemerintah mengamanatkan penggunaan biodiesel di pertambangan sebesar 15% dan 20% di SPBU. Namun beberapa permasalahan yang disoroti ASPINDO terkait program penggunaan biodiesel seperti daya lebih rendah sehingga menyebabkan pemborosan bahan bakar sebesar 2-5% dan juga adanya problem di penyimpanan karena biodiesel bersifat lebih higroskopis.

Saat ini Perusahaan Jasa Pertambangan terlihat belum berkontribusi banyak untuk ketahanan energi namun ASPINDO berharap pemerintah terus memberi dukungan dan tidak terburu-buru meningkatkan pemakaian biodiesel karena banyak faktor penghambatnya. (CMS-HumasMinerba)